laporan akhir 3 modul 1





1. Hardware[Kembali]
Keypad
LCD Character


2. Rangkaian Simulasi[Kembali]








3. Flowchart [Kembali]





4. Listing Program[Kembali]


#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi library LCD
#include <Keypad.h>    //Deklarasi library keypad
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 4;
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3', 'A'},
{'4', '5', '6', 'B'},
{'7', '8', '9', 'C'},
{'*', '0', '#', 'D'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7, 6};
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11, 10};

LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );

void setup() {
// Set baris dan kolom LCD lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1, 2);
lcd.setCursor(4, 3);
lcd.setCursor(0, 0);
}

void loop() {
char key = keypad.getKey();
if (key) { lcd.print(key);
}
5. Video Tutorial[Kembali]





6. Kondisi[Kembali]
Menampilkan Input Keypad pada LCD, Percobaan 3 LCD (Liquid Crystal Display) adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD yang digunakan adalah jenis 16x2. Artinya ada 16 kolom dan 2 baris dengan jumlah 32 karakter. Pada rangkaian ini digunakan LCD untuk menampilkan output dari keypad yang kita inputkan menggunakan sistem kontrol dari arduino. Kaki analog dari arduino dihubungkan ke LCD, sedangkan kaki keypad dihubungkan ke digital i/o arduino. Arduino akan diprogram untuk memerintahkan LCD agar menampilkan karakter yang kita inputkan di Keypad. Pada percobaan ini digunakan keypad 4x3, dengan inputan angka 0,1,2,3,4,5,7,8,9 dan karakter *,#. Saat kita inputkan angka/karakter datanya akan dibaca oleh arduino, lalu diproses dan arduino akan memberikan informasi keluaran pada LCD untuk menampilkan karakter yang diinputkan. Untuk menyatakan LCD yang digunakan lcd.begin(16, 2), artinya LCD yang digunakan adalah jenis 16x2. Lalu lcd.setCursor(1, 2) digunakan untuk menentukan titik awal mula keluarannya, serta if (key) artinya setiap karakter yang kita inputkan pada keypad akan diproses untuk dikirim pada arduino. Karakter yang ditampilkan akan terus diulang dan dapat direset dengan menekan tombol reset pada arduino.


7. Link Download[Kembali]
Video Tutorial
File Rangkaian
HTML

Tidak ada komentar:

Posting Komentar